Pusat TISDA merupakan salah satu unit di BPPT yang bergerak di bidang Pengkajian Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam. PTISDA aktif dalam pengkajian dan penerapan teknologi di bidang Penginderan Jauh (Remote Sensing),Sumber daya Kelautan dan Pesisir, Sistem Informasi Geografis, Sistem Survey Terestris, dan Valuasi Sumber Daya Alam

Tentang Geostech
Berita
Produk
Fasilitas
Hubungi Kami

CUACA TERKINI


DINAMIKA KUNJUNGAN

Har ini 44
Kemarin 402
Minggu ini 576
Bulan lalu 1535
Total Kunjungan 28674
     
 

MITRA KERJA

RISTEK
Badan Informasi Geospasial
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

DINAMIKA KEGIATAN PTISDA

Tim BPPT BELFOS berkoordinasi dengan SDI-KKP dan nelayan
 
Jumat, 03 Juli 2015
(0) Jika kamu suka
  Kegiatan ini hasil kerjasama dari USAID dengan BPPT. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 Juni 2015 hingga 4 Juli 2015.
 
Berkoordinasi dengan SDI-KKP. Foto dari ke kanan : M.Iqbal Habibie(BPPT), Ibu Ika(SDI-KKP), Heri(A2PHI), dan Dr Yudi Adityawarman(BPPT)
Rincian Berita

Kegiatan ini hasil kerjasama dari USAID dengan BPPT. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 25 Juni 2015 hingga 4 Juli 2015. Kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan BELFOS dengan mudah dan memperoleh data yang akurat, tepat dan cepat kepada pemerintah. Teknologi didesain dalam bentuk casing yang kedap air dengan monitor yang berlayar sentuh, keyboard dan juga menggunakan teknologi nirkabel (Wifi). Kegiatan ini memberikan pelatihan E-Logbook kepada nelayan dan pelabuhan di 3 tempat yang berbeda di Indonesia Timur yaitu Ambon, Sorong dan Bitung.
Di Ambon berlangsung pada tanggal 25 Juni 2015 - 27 Juli 2015, tim BPPT dan A2PHI berkoordinasi dengan SDI-KKP dan memberikan pelatihan BELFOS ke PT Aneka Sumber Tata Bahari (ASTB) dan nelayan. Setelah itu BELFOS diujicoba ketahanan saat berlayar di Teluk Ambon. Pelatihan dilaksanakan di Sorong berlangsung pada tanggal 30 Juni 2015 - 2 Juli 2015 dan dilanjutkan di Bitung berlangsung pada tanggal 2 Juli 2015 - 4 Juli 2015.
Print

Gambar Pendukung
Peserta nelayan dibitung sangat antusias
Pelatihan BELFOS Bitung
Pelatihan BELFOS nelayan Sorong
Sosialisasi dan koordinasi SDI-KKP Sorong
Ujicoba ketahanan BELFOS di Kapal KM Sumber Mas
Ujicoba BELFOS dengan PT Aneka Sumber Tata Bahari (ASTB) dan Nelayan
Berkoordinasi dengan SDI-KKP. Foto dari ke kanan : M.Iqbal Habibie(BPPT), Ibu Ika(SDI-KKP), Heri(A2PHI), dan Dr Yudi Adityawarman(BPPT)
Klik disini untuk Tanggapan Anda.........
 
BPPT-BBSLDP Kementrian Pertanaian kolaborasi studi Hyperspectral Tanaman Pangan (HyperMaize)
 
Selasa, 16 Juni 2015
(1) Jika kamu suka
  Sumberdaya alam merupakan komponen penting dalam penataan ruang dan pengelolaan wilayah. Bisa dibayangkan, dengan total panjang pantai sekitar 81.000 km dan puluhan ribu pulau yang tersebar dari Aceh sampai Papua, tak terbantahkan itu merupakan berkah bagi Indonesia.
 
BPPT-BBSLDP Kementrian Pertanian kolaborasi HyperMaize
Rincian Berita

Sumberdaya alam merupakan komponen penting dalam penataan ruang dan pengelolaan wilayah. Bisa dibayangkan, dengan total panjang pantai sekitar 81.000 km dan puluhan ribu pulau yang tersebar dari Aceh sampai Papua, tak terbantahkan itu merupakan berkah bagi Indonesia. Namun, sejauh ini masih begitu banyak sumberdaya alam Indonesia yang masih belum terjamah dan terinventarisasi dengan lengkap. Informasi keruangan terhadap sumber daya alam untuk skala regional, paling efektif diperoleh dari data atau citra satelit. Informasi yang diperoleh dari satelit mampu memberikan gambaran terkini secara tepat tentang kondisi tutupan muka bumi (lahan) dan bentuk geomorfologinya.
Khusus terkait dengan sektor pertanian, luas lahan pertanian di Indonesia pada tahun 2012 yang lalu diestimasi sekitar 41.18 juta hektar yang terdiri dari lahan persawahan 8.6 juta hektar, tegalan 12.28 juta hektar, ladang 5.4 juta hektar, dan lahan tidur seluas 14.9 juta hektar. Lahan pertanian yang terbatas ini menuntut upaya inovasi untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional melalui peningkatan produktivitas. Salah satu upaya inovatif untuk mengestimasi dan memantau produktivitas tanaman pertanian (crop monitoring) adalah dengan menggunakan metode penginderaan jauh.
Kerjasama antara Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam-TPSA-BPPT dan BB Litbang Sumberdaya lahan pertanian telah berlangsung beberapa tahun terakhir, terutama untuk pemanfaatan teknologi penginderaan jauh pada lahan pertanian. Tahun ini kerjasama berlanjut pada studi penginderaan jauh maju Hyperspectral menggunakan alat Spektrometer SVC-HR 1024i dan LAI meter Li-Cor 2200 milik BBSLDP. Pemanfaatan teknologi hyperspectral ini bertujuan untuk pengembangan algorithma dalam mendeteksi fase tumbuh tanaman jagung.
Pelatihan penggunaan alat ini telah dilakukan di kantor BBSLDP Bogor dan uji coba alat pada lahan pertanian jagung di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Garut.
Print

Gambar Pendukung
BPPT-BBSLDP Kementrian Pertanian kolaborasi HyperMaize
Klik disini untuk Tanggapan Anda.........
 
Tim BELFOS BPPT AP2HI dan SDI-KKP
 
Senin, 15 Juni 2015
(0) Jika kamu suka
  Asosiasi Perikanan Pole,Line Dan handline Indonesia (AP2HI) dan SDI-KKP dengan Tim BELFOS BPPT telah melakukan pertemuan pada tanggal 15 Juni 2015.
 
Tim BELFOS BPPT berkoordinasi A2PHI dan SDI-KKP
Rincian Berita
Asosiasi Perikanan Pole, Line Dan handline Indonesia (AP2HI) dan SDI-KKP dengan Tim BELFOS BPP telah melakukan pertemuan pada tanggal 15 Juni 2015.Tempat pertemuan terletak di Southern Blue Fin Tuna Room SDI-KKP. Rapat koordinasi digelar untuk membahas tentang lokasi pengamat dan rincian tentang e-buku catatan. Dari hasil pertemuan tersebut, SDI-KKP akan memberikan 50 pengamat untuk ditempatkan di kapal anggota AP2HI. Selain itu, lokasi pertama untuk penempatan pengamat Bitung dan Ambon. Akhirnya pada bulan Juni 2015, AP2HI dan SDI-KKP akan melakukan penempatan pengamat di lokasi tersebut.
Print

Gambar Pendukung
Tim BELFOS BPPT berkoordinasi A2PHI dan SDI-KKP
Klik disini untuk Tanggapan Anda.........
 
Pengujian alat tomografi di Banyuwangi - Gilimanuk
 
Sabtu, 13 Juni 2015
(0) Jika kamu suka
  Survei di Banyuwangi - Gilimanuk untuk pengujian alat tomografi dimulai dari tanggal 4 Juni 2015 sampai dengan 13 Juni 2015.
 
Lokasi Pemasangan Tomografi
Rincian Berita
Survei di Banyuwangi - Gilimanuk untuk pengujian alat tomografi dimulai dari tanggal 4 Juni 2015 sampai dengan 13 Juni 2015. Penelitian dibagi dalam 2 kelompok.
Kelompok 1, berangkat dari tanggal 4 Juni – 10 Juni 2015 untuk melakukan persiapan alat alat pendukung seperti baterai (Accu), Tiang besi penghubung, tali tambang, survey lokasi penelitian dan kebutuhan penelitian lainnya. Anggota dari kelompok 1 yaitu :
1.Sopia Lestari, S.Si., M.Si, dan
2.Teguh Arif Pianto, S. Kom
Dengan Pembina yaitu : Dr. Ir. Fadli Syamsudin, M. Sc.

Kelompok 2, berangkat dari tanggal 9 Juni – 13 Juni 2015 untuk melakukan penelitian Tomografi bersama dengan 4 orang Tim dari Hiroshima University. Pada penelitian ini juga didampingi oleh Angkatan Laut yaitu Dr.Gentio. Anggota dari kelompok 2 yaitu :
1.Ir. Andri Purwandani,
2.Dr. Reni Sulistyowati, S.Si, M.Si.
3.Nurdiansyah, dan
4.Harun Idham Akbar, S.T
Dengan Pembina yaitu : Yudi Adityawarman, Dr.BSEE, M.Sc.


Posisi Pemasangan Alat yaitu :
1.B3 ditempatkan pada Rig di Gilimanuk,
2.B2 ditempatkan pada dermaga ASDP penyeberangan Gilimanuk – Banyuwangi,
3.B4 ditempatkan pada dermaga penginapan di Ketapang,
4.B5 ditempatkan pada dermaga PUSRI di Banyuwangi.
5.B6 ditempatkan pada dermaga Semen Padang di Banyuwangi

Print

Gambar Pendukung
Pemasangan alat tomografi
Diskusi Persiapan pemasangan tomografi
Lokasi Pemasangan Tomografi
Klik disini untuk Tanggapan Anda.........
 
Penerapan Ground Penetrating Radar (GPR) untuk Identifikasi Perlapisan Tanah
 
Rabu, 10 Juni 2015
(0) Jika kamu suka
  Informasi keruangan yang peroleh dengan cepat dan akurat juga sangat menentukan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan yang terkait dengan fenomena alam.
 
Penerapan Ground Penetrating Radar (GPR)
Rincian Berita

Informasi keruangan yang peroleh dengan cepat dan akurat juga sangat menentukan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan yang terkait dengan fenomena alam. Perubahan fungsi-fungsi sumberdaya alam seperti fungsi ekologi dan hidrologi akan mengisyaratkan terjadinya fenomena-fenomena tertentu yang terkait dengan bencana alam. Kebutuhan teknologi dalam melakukan kegiatan karakterisasi sumberdaya kebumian atau kondisi objek bawah permukaan diperlukan metode pendekatan dalam hal ini geofisika yaitu dengan georadar, geolistrik, geomagnet dan lain-lain. Dalam kegiatan 5 (lima) tahun kedepan ini beberapa kasus pemanfaatan kondisi geologi atau lahan yang belum termanfaatkan seperti lahan gambut untuk menunjang perekonomian seperti bidang energi, pangan dan lingkungan menjadi topik menarik yang perlu digali lebih dalam dari sisi parameter geometrinya sebagai satu syarat pengembangan lanjutan untuk masingmasing bidang tersebut.
Kegiatan yang berpusat di Kabupaten Siak, Provinsi riau ini dilaksanakan Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam-TPSA-BPPT. Lahan Gambut diplih sebagai lokasi pemanfaatan teknologi GPR, dengan harapan dari hasil kajian ini diperoleh; data kecepatan gelombang radar untuk tiap batas perlapisan tanah, peta ISO-kecepatan gelombang radar, peta Iso-permitivitas dan konduktivitas perlapisan tanah, korelasi antara sifat fisik perlapisan tanah dengan kandungan bahan organik tanah.
Dari hasil GPR inipun akan di integrasikan dengan citra satelit Alos Palsar sehingga hasil akhir dari kajian ini diperoleh peta kandungan bahan organic untuk daerah lahan gambut.
Print

Gambar Pendukung
Penerapan Ground Penetrating Radar (GPR)
Klik disini untuk Tanggapan Anda.........
 
Total Data : 112 / Halaman 1 dari 23
010203040506070809101112131415
1617181920212223

2015-07-03 | Tim BPPT BELFOS berkoordinasi dengan SDI-KKP dan nelayan
2015-06-16 | BPPT-BBSLDP Kementrian Pertanaian kolaborasi studi Hyperspectral Tanaman Pangan (HyperMaize)
2015-06-15 | Tim BELFOS BPPT AP2HI dan SDI-KKP
2015-06-13 | Pengujian alat tomografi di Banyuwangi - Gilimanuk
2015-06-10 | Penerapan Ground Penetrating Radar (GPR) untuk Identifikasi Perlapisan Tanah
2015-06-06 | Training INAHOR
2015-06-05 | Syukuran dan Silahturahmi
2015-06-01 | Serah terima Jabatan Kepala Bidang Pemodelan
2015-05-20 | Survey Spektral Tanaman Jagung di Kecamatan Pangatikan Kabupaten Garut
2015-05-02 | Penghargaan Inovator Teknologi
2015-04-07 | MORENA dalam Seminar Nasional
2015-04-01 | Diseminasi Hasil Kegiatan Joint Survei Biofisik dan Sosial Ekonomi
2015-03-25 | Pembangunan Ina-Sat untuk Kemaritiman.
2015-03-23 | Diseminasi hasil kegiatan ‘Joint survei sosial ekonomi masyarakat pesisir serta biofisik perairan dan implementasi fish finder di sekitar lokasi proyek DSLNG
2015-03-23 | Deteksi Fase Tumbuh Padi dengan Metode Terkini berbasis Teknologi Pemodelan Penginderaan Jauh dipresentasikan di Konferensi Internasional
2015-03-20 | Mendukung program Internasional CTI di manado
2015-03-19 | Kerjasama dengan Asisten Deputi Kewilayahan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan Tim PTISDA BPPT mengikuti FGD BIG
2015-03-19 | Evaluasi E-logbook Catch Recording System for Indonesian Fishing Vessels > 30 GT
2015-03-18 | Rapat konsolidasi Kegiatan TechnoPark BPPT
2015-03-17 | Kegiatan PTISDA

 
Alm Retno
Persiapan Materi Diseminasi
New Hope in Solidity
Monitoring dan Evaluasi Semester II
Seluruh anggota dan representatif dari semua institusi (BPPT, RISTEK, BMKG, dan LAPAN) pada pertemuan pertama Joint Coordinating Committee (JCC) Proyek SATREPS – MCCOE.
Penentuan Posisi dengan GPS
Group Photo
Hasil Prediksi Pertumbuhan tanaman Padi di Jawa Tahun 2014
Penandatanganan MoU BPPT dengan Balitbang Kementan
SATREPS MPR
Buku Senarai Teknologi Untuk Bangsa
Peserta pelatihan BELFOS di Sorong
Kejadian Bencana Bajir di Parigi Moutong
Hasil Prediksi Pertumbuhan tanaman Padi di Jawa Tahun 2014
Hasil Prediksi Pertumbuhan tanaman Padi di Jawa Tahun 2014
Suasana penerimaan CPNS di lingkungan PTISDA
Sensor system dan data processing di dalam pesawat GS II
Kerjasama PTISDA dan Balitbangda Kabupaten Kampar Riau
C-band Doppler Radar Serpong
Tim BPPT bertemu dengan JICA
Copyright © 2014 PTISDA - GEOSTECH. All rights reserved.   BPP TEKNOLOGI