Pusat TISDA merupakan salah satu unit di BPPT yang bergerak di bidang Pengkajian Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam. PTISDA aktif dalam pengkajian dan penerapan teknologi di bidang Penginderan Jauh (Remote Sensing),Sumber daya Kelautan dan Pesisir, Sistem Informasi Geografis, Sistem Survey Terestris, dan Valuasi Sumber Daya Alam

Tentang Geostech
Berita
Produk
Fasilitas
Hubungi Kami
Dinamika Kunjungan
Har ini 74
Kemarin 513
Minggu ini 857
Bulan lalu 1995
Total Kunjungan 9095
 

MITRA KERJA

RISTEK
Badan Informasi Geospasial
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

DINAMIKA KEGIATAN PTISDA

Survei pemetaan potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan Perairan Banggai
 
Minggu, 23 November 2014
(17) Jika kamu suka
  Besarnya potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki perairan Banggai, sudah selayaknya dikembangkan agar dapat mendukung pembangunan secara nasional khususnya dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat nelayan.
 
Suasana di atas kapal
Rincian Berita
Besarnya potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki perairan Banggai, sudah selayaknya dikembangkan agar dapat mendukung pembangunan secara nasional khususnya dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat nelayan.

Berdasarkan pada potensi sumberdaya yang ada, maka pembangunan kelautan dan perikanan di Kabupaten Banggai diharapkan dapat menjadi salah satu aspek prioritas dalam memajukan kegiatan proekonomian daerah setempat. Hal ini perlu dipacu melalui proses kajian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan hidup agar mampu memberikan sumbangan yang lebih besar pada upaya Pembangunan Nasional dan Pembangunan di wilayah tersebut

Dalam mendukung upaya tersebut yang sejalan dengan rencana penyusunan Rencana Zonasi WP-3-K (RZWP-3-K) yang merupakan Amanat UU No. 27 tahun 2007 jo UU No. 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, maka Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi khususnya Pusat Inventarisasai Sumberdaya Alam (PTISDA) berkerja sama dengan PT DONGGI-SENORO LNG (DSLNG) dalam kegiatan PENGEMBANGAN MASYARAKAT NELAYAN MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI MARITIM KEPADA MASYARAKAT, melakukan survei pemetaan potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan serta segala macam aspek sosial budaya yang terkait didalamny yang nantinya dapat diharapkan sebagai bahan dalam menyusun kebijakan-kebijakan khusunya dalam mewujudkan masyarakat nelayan dan pesisir yang maju dan mandiri dengan tetap mempertimbangkan faktor kelestarian lingkungan khususnya lingkungan maritim.

Tahap pertama dalam kegiatan ini adalah Survei Oseanografi dan Survei Sosial budaya yang dilaksanakan dari tanggal 18 s/d 23 November 2014 yang melibatkan Tim PTISDA-BPPT, Universitas Muhammadia Banggai, serta msyarakat lokal.
Print

Gambar Pendukung
Tim Survei
Tim Survei
Penyaringan Air Laut untuk Analisis Laboratorium
CTD di Bawah Permukaan Laut
Botol Nansen di Bawah Permukaan Laut
Water Quality di Bawah Permukaan Laut
Current Meter di Bawah Permukaan Laut
Pengukuran Arus Laut dengan Current Meter
Pengukuran Suhu, Tekanan dan Densitas Air Laut dengan CTD
Pengambilan Sample Air Laut dengan Botol Nansen
Pengambilan Sample Air Laut dengan Botol Nansen
Pemantauan Arus Laut dengan Current Meter
Penentuan Posisi dengan GPS
Pengambilan Sample Air Laut dengan Botol Nansen
Pengukuran Kecerahan Perairan dengan Seichidisk
Penyaringan Air Sample dengan Planktonet
Pengambilan Sample dengan Planktonet
Suasana di atas kapal
 
Instalasi VLF Lightning Receiver di workstation LAPAN Pameungpeuk Garut.
 
Rabu, 19 November 2014
(16) Jika kamu suka
  Instalasi VLF Lightning Receiver di workstation LAPAN Pameungpeuk Garut.
 
Dr. Shuichi Mori dan Dr. Peiming WU bersama dengan staff lokal dari BPPT dan LAPAN
Rincian Berita
Pada tanggal 14 - 17 November 2014 telah dilakukan kegiatan instalasi vlf lightning receiver didaerah LAPAN Pameungpeuk Garut. instalasi VLF Lighting Receiver kali ini adalah station yang ke 2 setelah sebelumnya dilakukan instalasi di daerah serpong.

Proses Penginstalasian dilaksanakan oleh :
  1. Dr. Shuichi Mori (Jamstec)
  2. Dr. Peiming WU (Jamstec)
  3. Dr. Fadli Syamsudin (BPPT)
  4. Prabu Kresna Putra (BPPT)
  5. Nurdiansyah (BPPT)

VLF Lightning Receiver adalah sebuah lightning receiver dengan menggunakan frekuensi sangat rendah sekitar 40hz - 50hz, data direkam setiap 1 jam dan disimpan didalam harddisk secara terus menerus. data yang direkam dari lightning receiver ini dapat menangkap electric field dan magnetic field, yang apabila terdapat 3 station yang berbeda dengan spesifikasi yang sama maka data tersebut dapat diolah dan akan diketahui juga data dari time dan location nya. vlf ini dilengkapi dengan uninterruptible power supply sehingga memungkinkan komputer tetap menyala apabila terjadi matinya daya listrik,

Salah satu tujuan penginstalan dari VLF ini adalah mengetahui klimatologi karakteristik petir dan meso - skala badai lebih dari IMC , khususnya pada di Indonesia Dikarenakan Frekuensi petir di atas Indonesia Maritime Continent ( IMC ) cukup tinggi dan juga DKI Jakarta yang berpenduduk padat dan menjadi pusat. sehingga dapat terjadi kerusakakan yang cukup serius . Selain itu juga dapat mengetahui hubungan kejadian petir dengan GSMaP curah hujan dalam hal Variasi antar - tahunan, variasi musiman, Variasi intra - musiman.

Print

Gambar Pendukung
VLF Lightning Receiver
Komputer Operator
Dr. Shuichi Mori dan Dr. Peiming WU bersama dengan staff lokal dari BPPT dan LAPAN
 
PTISDA berpartisipasi dalam PIT ISOI XI 2014
 
Senin, 17 November 2014
(2) Jika kamu suka
  Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Sarjana Oseanografi Indonesia (ISOI) XI diselenggarakan 17 Nopember 2014 - 18 Nopember 2014 di Swiss-Belhotel Balikpapan, Kalimantan Timur.
 
Suasana Pertemuan ISOI
Rincian Berita

Adapun perwakilan personil PTISDA yang berangkat dan mengikuti presentasi :

1. Presentasi oleh Teguh Arif Pianto,SKom pada tanggal 17 Nov 13:00 - 13:55 dengan judul "Penerapan teknologi pemodelan spasial untuk penyusunan zonasi pengembangan budidaya rumput laut di Pesisir Tarakan, Kalimantan Utara"

2. Presentasi oleh Dr Sulaiman dengan judul "Penjalaran Gelombang Internal Soliter pada Topografi lereng dalam Fluida Dua Lapis pada tanggal 17 Nov pukul 13.00 - 13.55

3. Presentasi BELFOS ILVI pada tanggal 18 Nov pukul 08.30 - 09.25 dengan judul "Pengembangan Sistem Informasi Elektronik Pencatatan Tangkapan Ikan (BELFOS)"

4. Presentasi oleh Awaluddin,SPi mengenai zonasi FG pelagis di banggai pada tanggal 18 Nov pukul 14.00 - 14.50.



Jadwal presentasi
Print

Gambar Pendukung
Staf PTISDA Pemaparan pada Pertemuan ISOI
Suasana Pertemuan ISOI
 
Kunjungan Direktur ke SPACEBEL di BELGIA
 
Minggu, 16 November 2014
(3) Jika kamu suka
  Kunjungan Direktur berlangsung tanggal 17 Nopember 2014 - 21 Nopember 2014 di SPACEBEL BELGIA.
 
Bpk Dr. Muhammad Sadly di BELGIA
Rincian Berita

Kunjungan Direktur berlangsung tanggal 17 Nopember 2014 - 21 Nopember 2014 di SPACEBEL BELGIA.

Kunjungan Direktur PTISDA Bpk Dr. Muhammad Sadly,MEng dengan Kepala Bidang TASDA Bpk. Dr. Agustan dalam rangka program pembangunan Nusantara Earth Observation Satellite.

Spacebel didirikan sejak tahun 1988 dan merupakan sistem Ruang Belgia dan rekayasa perangkat lunak perusahaan yang telah berkembang di pasar Space untuk menjadi pengembang terpercaya solusi IT canggih dan penyedia layanan TI yang terkait. Hari ini, Spacebel dalam campuran internasional pemasok sistem satelit kecil.

Spacebel beroperasi di aplikasi pemantauan sektor Ruang dan Bumi, melayani lembaga antariksa, departemen pemerintah, perusahaan penerbangan besar, lembaga-lembaga Eropa serta pasar komersial. Kami aktif di beberapa domain, terutama Bumi observasi, penerbangan Space, dan ilmu pengetahuan, tetapi juga telekomunikasi, navigasi, eksplorasi, peluncur, balon dan ruang kesadaran situasional.
Print

Gambar Pendukung
Bpk Dr. Muhammad Sadly,MEng di Spacebel BELGIA
Dr. M Thierry(Managing Director) dan Bpk Dr. Muhammad Sadly,MEng dengan Satelit Mikro PROBE V(140 kg) di Spacebel
Satelit Proba-V BELGIA
Bpk Dr. Muhammad Sadly di BELGIA
 
Fiber Etalon Solar (FES)
 
Rabu, 12 November 2014
(2) Jika kamu suka
  Dalam rangka kerjasama PI RA GOSAT antara PTISDA-BPPT dengan Program GOSAT-JAXA maka telah dilakukan pemasangan alat Fiber Etalon Solar (FES).
 
Bpk Sulaiman dengan alat FES
Rincian Berita

Dalam rangka kerjasama PI RA GOSAT antara PTISDA-BPPT dengan Program GOSAT-JAXA maka telah dilakukan pemasangan alat Fiber Etalon Solar (FES). Pada prinsipnya alat ini bekerja dengan mengikuti arah matahari dengan secara terus menerus memancarkan sinar. InfraRed dimana sinar baliknya akan dikonversi menjadi spectrum CO2 dan gas lainnya. Berdasarkan pengetahuan kolom udara (volume) maka dapat diketahui konsentrasi gas kolom atmosfer tersebut. Prinsip kerja alat ini adalah jika ada seberkas cahaya datang maka cahaya ini akan dibuat sejajar (collimated) pada sebuah fiber optik oleh fiber collimator yang dipasang pada sebuah penjejak Matahari yang cukup kecil. Cahaya tadi dipecah dan dilewatkan melalui dua komponen pemisah yang terbuat dari optik yaitu Fabry-Perot interferometri (FPI) untuk menganalisis spektrum CO2 dan kedua adalah detektor referensi untuk mengoreksi intensitas spektrum akibat fluktuasi intensitas sinar Matahari. Panjang gelombang dari sinar matahari yang telah dilewatkan tadi dikontrol dengan perubahan temperaturnya. Jadi cahaya yang tertransmisikan tadi dapat segaris atau tidak segaris dengan garis rotasional CO2 yang mempunyai pusat pada 1572nm. Dengan menguatkan suhu fiber FPI 40s/lingkaran maka konsentrasi CO2 dapat ditentukan melalui hukum Beer-Lambert.
Print

Gambar Pendukung
Pemantauan FES
Bpk Sulaiman dengan alat FES
 
Total Data : 89 / Halaman 1 dari 18
010203040506070809101112131415
161718

2014-11-23 | Survei pemetaan potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan Perairan Banggai
2014-11-19 | Instalasi VLF Lightning Receiver di workstation LAPAN Pameungpeuk Garut.
2014-11-17 | PTISDA berpartisipasi dalam PIT ISOI XI 2014
2014-11-16 | Kunjungan Direktur ke SPACEBEL di BELGIA
2014-11-12 | Fiber Etalon Solar (FES)
2014-11-07 | Kuliah Umum Tim Hyperspectral di UNILA
2014-11-06 | Diseminasi Synthetic Aperture Radar (SAR)
2014-11-03 | Pelantikan Peltu Kasub Bag TUP TPSA / MUK TPSA
2014-10-31 | Diseminasi dan Sosialisasi Aplikasi Teknologi Remote Sensing dan Radar Cuaca
2014-10-28 | Best session presenter Bpk Albertus Sulaiman
2014-10-18 | Diseminasi ke Universitas Lampung
2014-10-15 | Kuliah Umum Teknologi Kelautan dari Schmidt Ocean Institute (SOI), USA
2014-10-07 | Pemetaan Potensi Sumberdaya Alam Pohon Sagu di Wilayah Sorong Selatan.
2014-09-23 | Capacity Building Workshop of Satellite Remote Sensing for Southeast Asian Scientists
2014-09-23 | Survei Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Das Kakab, Kalimantan Tengah
2014-09-12 | SARASEHAN POROS MARITIM
2014-09-10 | Pelatihan peta interatif bebasis website
2014-09-09 | LOKAKARYA NASIONAL
2014-09-08 | Penandatanganan MoU
2014-09-02 | Kunjungan Direktur ke BBSDLP

 
Personil NEOnet Periode 2012-2015
Tim KLHS PTISDA(Bapak Wisnu Ali dan Bpk Rony Bishry - sebelah kanan)
Tim SIJAMPANG berfoto bersama Pimpinan PTISDA dan TPSA
SATREPS MPR
Victor Zycov, Ph.D. Director of Research
Kejadian Bencana Bajir di Parigi Moutong
Penurunan Peralatan Current Meter
Pelatihan pengolahan data spasial
Penandatanganan Kerjasama TISDA – BBOPT
Radar SI-Jawah
Pelatihan GEO-Network
Peralatan Survei yang akan digunakan
MAP OF POTENTIAL DROUGHT VULNERABLE AREA (Mr. Fadhlullah Ramadhani, IAHRI - IAARD - MoA)
Photo bersama partisipan
Bpk Dr. Muhammad Sadly,MEng di Spacebel BELGIA
Serah Terima Jabatan
Rencana Alur Survei
Bpk Dr. Muhammad Sadly di BELGIA
Ikan Cakalang
Senarai Teknologi untuk Bangsa
Copyright © 2014 PTISDA - GEOSTECH. All rights reserved.   BPP TEKNOLOGI